Thursday 6 April 2017

FILOSOF MUSLIM

  Semenjak umat islam dapat menaklukkan selat giblaltar dan menguasai selat andalusia(spanyol) maka terbukalah pintu masuk ke dunia barat yg merupakan pusat ilmu pengetahuan Romawi dan Yunani semisal Logika, Aritmatika, Kimia Filsafat dan yg lainnya. Maka muncullah Cendikiawan-cendikiawan muslim. Mereka tidak hanya mempelajari ilmu keagamaan, melainkan ilmu barat yg sangat kontras dg ajaran agama islam. salah satu ajaran yg dipelajari adalah ilmu filsafat, yaitu ilmu yg mempelajari sesuatu dg pedoman akal(rasio). namun para filosof muslim hanya menggunakan rasio sebagai pelengkap saja.
AL KINDI(185 H/801 M)
  Dialah filosof muslim pertama yg bernama lengkap ABU YUSUF YA'QUB IBNU ISHAQ IBNU SABBAH IBNU IMRAN AS'AD BIN QOIS AL KINDI. Ayah Al kindi menjadi gubernur di kuffah selama masa kekholifahan Abasiyah Al Mahdi dan Al Rosyid.
  Buah karya beliau yg terkenal antara lain: Filsafat logika ilmu, musik, astronomi, meteorologi dan sebagainya. Sebagian dari karyanya diterjemahkan kedalam bahasa latin oleh Gerad dari Cremona dan sangat mempengaruhi pemikiran Eropa pada abad pertengahan.
  Menurut Al kindi FILSAFAT, Pengetahuan tentang hakikat segala sesuatu dalam batas kemampuan masing-masing manusia. Pada salah satu akhir karyanya beliau melambangkan ALLAH  dengan istilah " KEBENARAN" yang merupakan tujuan filsafat. " Maka yang satu yang benar ( AL WAHID AL HAQ) adalah yang pertama, sang pencipta, sang pemberi Rizqi semua ciptaannya......" dan pendapat Al kindi tentang kemaujudan Allah bertumpu pada keyakinan akan hubungan sebab akibat, segala yang maujud pasti ada yang menciptakannya, dialah ALLAH

0 comments:

Post a Comment